Rabu, 02 April 2014

Membuat Desain Blog Lebih Bersinar: 9 Elemen yang Bisa Anda Rubah

10.39 Posted by Unknown No comments
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat desain blog terlihat berbeda dari template standar.

Jika Anda tidak mau repot dan juga memiliki budget, Anda bisa memakai jasa seorang desainer blog profesional untuk mendapatkan desain blog yang unik. Mereka memang ahlinya.

Namun jika Anda mau repot sedikit, dengan belajar sendiri, sebenarnya Anda bisa merubah desain blog secara sederhana, yang dengan itu pun sudah cukup membuat blog Anda tampil lain dari yang lain.

Dan di bawah ini, adalah 9 elemen blog yang perlu mendapat sentuhan untuk mendapatkan desain blog yang lebih bersinar:

1. Header
Header blog tampil di bagian paling atas blog Anda. Ini merupakan bagian menonjol dari seluruh tampilan blog. Diharapkan, hanya dengan melihat header, seorang pengunjung sudah dapat menduga apa topik blog serta memperoleh kesan sendiri terhadap blog Anda. Karenanya, header menjadi salah satu bagian yang mesti didesain semaksimal mungkin.

Header dapat berisi teks, gambar atau gabungan keduanya. Buatlah logo, dan tempatkan di sisi kiri atas header. Terbukti bahwa bagian kiri atas, adalah area yang paling mendapat perhatian pengunjung blog. Logo yang bagus, unik, akan menjadi identitas blog Anda. Hal ini tentu akan membuat desain blog Anda makin bersinar.

2. Latar belakang (background)
Latar belakang, akan tampak jika kolom konten blog tidak tampil memenuhi seluruh layar monitor pengunjung. Biasanya background terlihat di sisi kanan kiri dan bawah dari kolom konten (kolom posting blog dan sidebar). Anda dapat memilih warna apapun untuk latar belakang ini, atau juga bisa menggunakan image atau gambar.

3. Warna
Anda bisa merubah warna pada banyak elemen untuk menciptakan identitas atau brand blog Anda secara konsisten. 

Sebaiknya gunakan tidak lebih dari 3 warna dominan untuk seluruh desain. Misalnya, Anda sudah memilih 2 - 3 warna, maka aturlah warna judul posting, teks artikel, link, background, dan elemen blog lainnya hanya menggunakan warna yang telah Anda pilih tadi.

4. Huruf (font)
Jika blog menggunakan banyak jenis huruf, apalagi huruf hias yang terlihat 'lucu' dan sulit dibaca, akan menimbulkan kesan bahwa pemilik blog tidak memperhatikan kenyamanan para pengunjungnya.

Pilihlah 2 - 3 font saja, dan gunakan untuk seluruh teks di blog. Gunakan variasi huruf tebal (bold), miring (italic), garis bawah (underline), itu lebih baik dan blog Anda tampak lebih profesional. Satu lagi, pilihlah huruf yang mudah dibaca, Georgia, Verdana atau Arial bisa jadi pilihan utama.

5. Menu navigasi
Navigasi menu di bagian atas blog bisa berupa link sederhana menuju satu laman tertentu, atau bisa juga berupa menu mengalir yang terdiri dari banyak sub-menu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan desain blog Anda secara keseluruhan. 

6. Pembatas antar posting
Biasanya pembatas antar posting di homepage, hanya berupa ruang putih kosong, ataupun berupa garis hitam kecil. 

Cara termudah membuat desain blog Anda unik dan lebih baik adalah dengan mengubah garis pembatas antar posting ini. Bisa hanya dengan merubah warna sesuai warna utama desain blog Anda, atau lebih bagus lagi berupa image.

7. Favicon
Favicon adalah gambar kecil yang tampil di sebelah kiri url bar di browser saat orang mengunjungi situs web. Favicon juga tampil di bookmark bar

Favicon sangat membantu dalam membangun brand blog Anda, dan terlihat lebih kredibel dibandingkan blog yang hanya menampilkan favicon generik berupa gambar kertas putih.

8. Label sidebar
Jangan lupa untuk merubah label atau judul widget di sidebar blog. Atur warna dan huruf menyesuaikan dengan desain blog, juga 'kepribadian' dari blog Anda.

9. Ikon media sosial
Tak terhitung banyaknya ikon media sosial yang dapat Anda tambahkan ke blog (biasanya ditempatkan di sidebar). Keberadaan ikon ini penting, bukan hanya mengundang pembaca bisa membagikan blog Anda melalui media sosial, namun juga memberi karakter unik tersendiri bagi blog Anda. Mulai dari bentuk paling sederhana, sampai yang 'rumit', dapat Anda pilih untuk membuat desain blog Anda makin bersinar.

Nah, bagaimana? Ternyata cukup mudah membuat desain blog kita tampil beda, bukan?

Semua tergantung pilihan Anda sendiri, akan seperti apa tampilan desain blog Anda nantinya. Tapi, yang terpenting dari semua itu, selalu memperhatikan kemudahan, kenyamanan dan buat pengunjung bisa menemukan konten Anda dengan mudah.

Sudah siap membuat desain blog Anda lebih 'bersinar'? Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar