Sabtu, 08 Februari 2014

8 Cara Menyukseskan Posting yang Gagal

11.54 Posted by Unknown No comments
Anda mungkin pernah menulis sebuah posting, yang menurut Anda akan sukses besar dan mendapat sambutan bagus dari pembaca. Tapi  kenyataannya adalah sebaliknya, posting tersebut: 'gagal'.

Kegagalan itu mungkin bisa terlihat dari jumlah page view, ataupun jumlah komentar yang sangat sedikit. Apapun itu, nyatanya posting tersebut tidaklah kehilangan kesempatan sama sekali. Masih ada cara membuat posting tersebut lebih berguna.

Nah kali ini, saya ingin berbagi tips, bagaimana Anda merubah sebuah posting yang gagal, menjadi sesukses posting-posting Anda lainnya.

Bagaimana merubah merubah posting gagal menjadi sebuah posting yang sukses?

Pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah: bacalah posting tersebut sekali lagi. Kemudian edit. Pastikan artikel tersebut memberi nilai manfaat untuk pembaca Anda. Tambahkan informasi baru yang menurut Anda bisa membuat artikel itu lebih kuat. Jika masalahnya ada pada judul artikel yang kurang menarik, ganti judul yang lebih bagus

Lebih jauh tentang tips mengedit posting lama, silakan baca: Meningkatkan Kualitas Blog dengan Update Posting Lama.

Nilailah secara obyektif. Jika Anda merasa posting itu telah memberi nilai atau informasi berkualitas untuk pembaca, lakukan langkah berikutnya di bawah ini untuk memaksimalkannya:

1. Buatlah link ke posting tersebut di paragraf pertama pada posting mendatang
Pada saat Anda menulis posting baru, jangan lupa sertakan link ke posting yang dimaksud. Mengapa di paragraf pertama? Link pada paragraf pertama, ternyata lebih banyak diklik oleh pembaca.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan menulis artikel lanjutan dari posting 'gagal' Anda, atau artikel apapun dengan topik yang relevan.

2. Umumkan bahwa posting telah diperbarui
Hampir semua posting Anda yang lalu-lalu dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi kualitasnya dengan bermacam cara. Sempatkan untuk meninjaunya kembali sekali lagi, apakah pada saat Anda menulisnya dulu melewatkan sesuatu, jika iya, tambahkan perbaikan seperlunya.

Setelah hal itu Anda lakukan, buatlah sebuah posting singkat, dan umumkan bahwa Anda telah menambahkan nilai lebih atau informasi baru pada satu artikel. Sampaikan Anda telah mengupdatenya, dan cantumkan link menuju kesana. Jika perlu, sebutkan perbaikan atau nilai apa yang Anda tambahkan secara singkat.

3. Tambahkan link internal menuju posting Anda
Carilah posting-posting lain yang relevan, kemudian edit dan beri link ke artikel yang ingin Anda maksimalkan tadi.

Semakin banyak link menuju ke sebuah posting, maka semakin besar kesempatan dibaca oleh pengunjung. Link internal tersebut juga mungkin akan membantu hasil pencarian di search engine, karena dianggap artikel penting dari blog Anda.

4. Temukan forum dimana Anda dapat merujuk posting Anda sebagai sumber bermanfaat
Jika artikel Anda benar-benar menawarkan suatu nilai manfaat untuk orang banyak, Anda bisa mencari forum-forum diskusi dengan topik yang sesuai.

Jika demikian, ikutlah terlibat dalam diskusi dan cantumkan link ke halaman posting Anda.

5. Gunakan komentar di blog lain
Carilah blog dengan topik yang sama. Cari artikel yang relevan, kemudian berkomentarlah disana. Dan pada saat berkomentar, jangan lupa gunakan link ke halaman posting yang dimaksud sebagai ganti halaman homepage Anda. Sehingga ketika ada orang lain mengklik nama Anda, mereka langsung dibawa ke halaman tersebut.

Namun, disini tetap harus diingat aturan dan etika dalam berkomentar. Berkomentar yang baik, dengan memberi nilai, relevan dan ikut terlibat dalam percakapan yang berlangsung.

6. Berkomentar di blog sendiri
Banyak dari posting Anda, relevan atau saling berkaitan satu sama lain. Temukan posting yang berkaitan dengan posting yang ingin sesuai, dan tulislah komentar di sana. Katakan kepada pembaca bahwa mereka dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai topik ini dan berikan link ke posting yang ingin Anda sukseskan tadi.

Cara ini cukup efektif, apalagi jika cukup yang telah mengomentari posting tadi, dan pembaca berlangganan komentar melalui email. Sehingga pada saat Anda menulis komentar baru, mereka akan menerima pemberitahuan melalui email.

7. Bagikan ke sosial media
Biasanya kita cuma membagikan posting terbaru saja di media sosial. Nah, kali ini bagikan artikel 'gagal' Anda tadi di media sosial. Dengan demikian, posting tadi akan lebih terekspos lagi.

Nah, itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan pada posting lama Anda yang gagal, untuk merubahnya menjadi posting yang sukses, sesukses posting-posting Anda yang lainnya.

Anda memiliki tips lainnya? Tambahkan melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar