Kamis, 06 Februari 2014

Tantangan #4: Apa yang Anda Klik di Suatu Blog? Mengapa?

22.21 Posted by Unknown No comments
Pada saat mengunjungi sebuah blog, apa yang Anda klik?

Tantangan minggu ini, saya ingin mengajak Anda, untuk beberapa hari ke depan, membuat catatan tentang apa yang Anda klik pada saat mengunjungi blog lain

Anda mungkin berkunjung kembali ke suatu blog karena menikmati sajiannya, atau bisa juga Anda sampai kesana dari hasil pencarian Google. Nah, pada saat Anda mengunjungi sebuah blog dan Anda berhasil menemukan informasi yang Anda cari, Anda bisa jadi meninggalkannya, bisa juga Anda tetap berada di sana, mencari lebih dalam apakah ada informasi menarik lainnya yang bisa Anda temukan. Jika demikian, apa yang Anda klik?

Ada 2 hal pada tantangan blogging saya kali ini:
  • Pertama: Mengidentifikasi apa yang biasanya Anda klik di banyak blog yang Anda kunjungi.
  • Kedua: Mengapa Anda mengkliknya?
Apa dan mengapa Anda mengklik
Ada banyak elemen blog. Anda mungkin mengklik link pada artikel terkait, atau posting terbaru, judul posting di beranda, iklan, blogroll, arsip atau navigasi halaman seperti tombol 'next' dan 'previous' atau apa? Apa yang Anda klik? Catatlah.

Mengapa Anda mengklik elemen-elemen tersebut? Misalnya, jika Anda mengklik 'related post' atau 'recent post' apa yang membuat Anda tertarik mengkliknya? Apakah karena pemilihan kata menarik pada judul tersebut? Atau karena memang judul tersebut relevan dengan informasi yang Anda cari? Apakah karena ia berwarna merah atau hijau pucat?

Apakah Anda mengklik link kategori, yang mungkin berisi lebih banyak informasi dan Anda ingin mencarinya? Apakah Anda mengklik arsip blog atau kalender untuk mengetahui apa yang ditulis di tahun 2007? Apakah ada nama atau alamat blog di 'daftar blog teman' yang menarik minat Anda? 

Ataukah artikel yang disana cukup mengesankan Anda, sehingga Anda menaruh kepercayaan kepada penulis dan mengklik apa yang ia rekomendasikan?

Anda mengklik iklan. Apakah Anda mengkliknya karena benar-benar tertarik dengan iklan tersebut? Atau karena ingin membantu pemilik blog menghasilkan uang? Adakah elemen tertentu yang Anda klik karena Anda benar-benar tertarik mengkliknya, atau adakah alasan lainnya?

Kebiasaan 'klik-mengklik' sudah banyak dianalisa oleh pakar blog dan website di seluruh dunia, terutama dalam hubungannya dengan bisnis dan perdagangan online. Nilai ekonomis dari siapa yang mengklik apa dan mengapa mengkliknya adalah hal yang memotivasi para advertiser onlie dan para pakar search engine

Bagaimana? Sudahkah Anda mengenal kebiasaan sendiri dalam urusan klik-mengklik ini? Bukankah Anda memiliki kebiasaan atau kecenderungan tertentu dalam melakukan klik?

Nah, jika Anda menerima tantangan minggu ini, maka Anda akan mendapatkan informasi berharga tersebut. Dan dengan informasi ini, Anda kemudian akan mampu menemukan cara bagaimana mengembangkan dan memperbaiki pengalaman pengguna di blog Anda sendiri.

Apa yang Anda klik?

Mengapa Anda membaca blog lain?

Tuangkan pengalaman itu pada sebuah posting di blog Anda. Sebarkan informasi bermanfaat tersebut agar kita sama-sama belajar menyajikan blog lebih baik lagi.

Apa yang Anda klik di Portal-Uang? Mengapa? Tulislah di kolom komentar agar saya tahu kebiasaan mengklik Anda. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar