Selasa, 08 Oktober 2013

7 Hal Ini Tidak Boleh Dilupakan Oleh Blogger

13.29 Posted by Unknown No comments
Ada hal-hal yang seharusnya menjadi sebuah kebiasaan bagi seorang blogger. Kebiasaan-kebiasaan baik yang sangat bermanfaat dalam menunjang produktivitas dan kualitas dalam membangun sebuah blog yang sukses.

Sejujurnya, saya akui, saya sendiri seringkali cenderung 'lupa' melakukan hal-hal berikut ini. Maka dari itu, tulisan ini saya maksudkan juga untuk mengingatkan saya sendiri terhadap kebiasaan baik tersebut.

Dan inilah 7 hal yang tidak boleh 'dilupakan' oleh seorang blogger:

1. Back-Up
Ini hal utama yang mestinya jadi kebiasaan. Membuat cadangan, ibarat seperti sedia payung sebelum hujan. Backup harus dilakukan secara rutin. Buatlah backup setiap kali melakukan modifikasi pada template, sehingga sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam modifikasi tersebut, Anda dengan mudah mengembalikannya seperti semula. 

Backup lengkap blog minimal sebulan sekali, tapi semakin sering semakin baik, atau paling tidak setiap kali kita melakukan perubahan atau menambahkan konten baru. Bila perlu backup blog Anda setiap hari!

2. Memeriksa tulisan dan edit artikel
Jika Anda mengunjungi banyak blog, mungkin Anda akan menemukan banyak sekali blogger yang tidak melakukan hal ini. Sehingga tulisannya penuh dengan kesalahan ketik, salah menempatkan tanda baca dan sebagainya. Bukan saja ini tidak baik di mata pembaca, tapi juga akan membuat tulisan Anda tampak tidak profesional. Inilah pentingnya memeriksa ulang, mengoreksi, dan memperbaiki artikel sebelum Anda mengklik tombol 'publish'.

3. Buat link ke posting lama
Me-link ke artikel yang telah lalu, dapat meningkatkan trafik, memperbaiki bounce-rate dan sangat baik di mata search engine. Selain itu juga sangat membantu pembaca mendapatkan informasi lebih mendalam terhadap suatu objek.

Oleh karena itu, jika saat ini Anda telah memiliki 10 artikel atau lebih, pada kesempatan lain Anda membuat artikel baru, buatlah selalu link menuju artikel lama Anda yang sesuai dengan pokok bahasan yang sedang dibicarakan. Ini adalah sebuah kebiasaan baik yang tidak boleh dilupakan oleh seorang blogger.

hal yang tidak boleh dilupakan blogger
4. Menyetujui komentar
Jika Anda melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk, maka memeriksa kemudian menyetujui komentar-komentar tersebut harus dijadikan kebiasaan rutin yang tidak boleh dilupakan. Saran terbaiknya adalah, lakukan pertama kali ketika Anda masuk ke akun blog Anda. 

Saya sendiri tidak melakukan moderasi terhadap komentar. Saya menginginkan kemudahan kepada pembaca untuk mengomentari tulisan-tulisan yang ada di blog ini. Dan saya memiliki alasan kuat mengapa Anda pun harus melakukannya. Silakan baca tulisan saya sebelumnya, tentang mempermudah pembaca untuk berkomentar.

5. Menanggapi komentar
Masih ingat pertama kali orang mengomentari postingan Anda? Bagaimana rasanya? Saya sendiri begitu bersemangat. Anda juga bukan? 

Ya, memang ketika awal-awal kita begitu antusias menanggapi dan menjawab komentar yang masuk, tapi seiring popularitas blog yang meningkat, dan semakin banyaknya komentar yang masuk, akhirnya kita tidak begitu menganggap hal menjadi penting. Sehingga akhirnya banyak komentar yang diabaikan. Percayalah, itu bukan suatu hal yang baik.

Anda tetap harus berkomitmen untuk selalu menanggapi semua komentar yang masuk, meskipun hanya berupa ucapan terima kasih telah berkunjung ke blog Anda.

6. Memeriksa kotak spam
Karena satu dan hal lain, adakalanya ada komentar pembaca yang masuk ke kotak spam. Adalah sebuah kebiasaan baik untuk memeriksa kotak spam ini secara rutin. Saya sendiri beberapa kali menemukan komentar bukan spam, yang entah kenapa masuk ke kotak spam. 

7. Membalas email
Ada banyak pembaca yang setelah membaca posting blog kita menjadi tertarik untuk berinteraksi secara langsung, dan tidak jarang mereka mengirimkan pesan melalui email. Nah, balaslah email mereka dengan semestinya. Termasuk dalam hal ini adalah, mereka yang bertanya, tukar pikiran dan menghubungi kita melalui media lain, seperti twitter dan facebook.

Itulah, 7 hal yang mesti dijadikan kebiasaan baik dan tidak boleh dilupakan oleh seorang blogger. Jika kebiasaan-kebiasaan ini dilakukan dengan baik, maka semakin terbuka jalan membangun blog yang sukses. 

Anda dapat menambahkan kebiasaan baik lainnya? Silakan berbagi melalui kolom komentar. Sukses untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar