Sabtu, 05 Oktober 2013

5 Tips Meningkatkan Kualitas Postingan 10 Kali Lebih Baik

19.44 Posted by Unknown No comments
Melengkapi artikel-artikel sebelumnya tentang bagaimana menghasilkan tulisan yang berkualitas, yaitu: strategi jitu membuat konten berkualitas, cara membuat artikel yang berkualitas, serta cara menulis artikel abadi, kali ini ada 5 tambahan trik praktis dan sederhana, tapi telah terbukti dapat meningkatkan kualitas postingan secara nyata.

Inilah 5 trik meningkatkan kualitas artikel Anda: 
(Jika Anda memiliki tambahan tips lainnya, tambahkan tips Anda di kolom komentar, akan sangat bermanfaat untuk kita semua)

1. Buang saja paragraf pertama
Lihatlah kembali beberapa postingan terbaru Anda. Bagaimana jika Anda hapus saja paragraf pertamanya? Apakah tidak kehilangan 'ketajamannya'? Atau apakah justru semakin 'tajam' dan lebih mengena? Coba, seringkali saya merasa tulisan jauh lebih baik, justru dengan menghilangkan paragraf pertamanya!

meningkatkan kualitas postingan blogSudah menjadi kebiasaan banyak blogger (termasuk saya juga), membuat satu atau dua paragraf pembuka, untuk 'pemanasan', yang seringkali berisi hal-hal yang tidak terlalu penting.

Pada banyak kasus, paragraf ini dapat dihilangkan sama sekali, dan membiarkan pembaca Anda langsung menuju poin penting artikel Anda. Dan ini adalah suatu hal yang baik.

2. Tulis ulang kalimat panjang dan 'njlimet'
Pernahkah Anda, ketika membaca sebuah artikel harus berhenti berkali-kali bahkan harus mengulangi membacanya beberapa kali untuk memahami tujuan penulisnya? Ini benar-benar membuat 'frustasi'.

Ketika Anda  mengedit tulisan, carilah kalimat yang terlalu panjang atau terlalu rumit, kemudian tulis ulang kalimat tersebut menjadi beberapa kalimat yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

3. Buat sub-judul yang seragam
Salah satu trik menghasilkan tulisan yang baik adalah menjaga sub judul menjadi seragam dan sesuai. Contohnya seperti pada artikel ini, saya menggunakan kata: 'buat', 'buang', 'gunakan', yang semuanya adalah berupa instruksi.

Selain itu tetap mempertahankan semua sub judul hanya terdiri dari 4 - 5 kata saja. Cara ini saya yakini dapat mempertajam sebuah tulisan dan lebih mudah dipahami. Hindari sub judul yang tidak seragam.

4. Gunakan 'Anda' Lebih dibandingkan 'Saya'
Kecuali Anda adalah seorang selebritis ternama atau memiliki pembaca yang sangat loyal, pembaca blog Anda biasanya tidak begitu peduli terhadap diri Anda atau pengalaman Anda. Mereka hanya mencari informasi yang mereka cari.

Pastikan tulisan Anda fokus terhadap pembaca, menawarkan sesuatu yang bermanfaat. Nah, cara terbaik untuk tujuan ini adalah dengan mengurangi penggunaan kata 'Saya', dan menggunakan kata 'Anda' lebih sering. 

Dalam hal ini, mungkin Anda harus menulis ulang sebuah paragraf atau beberapa kalimat untuk membuatnya lebih berpusat kepada 'Anda'.

Lebih lanjut tentang hal, baca: Alasan Anda Harus Menggunakan Kata 'Saya' dan 'Anda' di Dalam Artikel.

5. Cantumkan ajakan melakukan sesuatu
Lebih sering disebut sebagai 'call to action'. Yaitu ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu setelah selesai membaca sebuah artikel, seperti untuk berkomentar, membagikan ke teman melalui media sosial, berlangganan RSS feed dan lain sebagainya.

Biasanya, ajakan ini ditempatkan di akhir tulisan, dimana biasanya pembaca berhenti sejenak sebelum melakukan sesuatu yang lainnya. Namun tentu saja, ajakan ini bisa Anda taruh dimana saja (apakah Anda melihat ajakan di awal-awal artikel ini?). Silakan berkreativitas dimana menempatkannya lebih baik pada masing-masing artikel.

Lebih lanjut tentang hal ini, baca: Call to Action: Membuat Artikel Lebih 'Menggigit'.

Sekarang giliran Anda. Ada tambahan tips lainnya? Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar