Kamis, 27 Maret 2014

Tahukah Anda, Apa Syarat Utama Mendapatkan Uang dari Blog?

13.12 Posted by Unknown No comments
Mari kita akui dulu: kita semua ingin menghasilkan uang dari blog bukan?

Ya, tentu saja!

Saya sering mengobrol dengan kawan-kawan tentang blogging. Saya mengatakan kepada mereka bahwa kita bisa menghasilkan uang dari sebuah blog.

Bisa ditebak, mereka begitu antusias, dan mulai berpikir untuk segera membuat blog.

Dan beberapa hari yang lalu, kembali ada seorang kawan yang amat tertarik bisa mendapatkan uang dari blog. Dan seperti biasa terjadilah dialog semacam ini:

Saya: 'Jadi bener, kamu ingin menghasilkan uang dari blog?'

Kawan: 'Ya, tapi saya tidak tahu bagaimana caranya.'

Saya: 'Oke, apakah kamu setuju jika saya katakan: untuk menghasilkan uang dari apa yang kita usahakan, kita harus memberikan sesuatu kepada orang lain?'

Kawan: 'Ya, tentu saja.'

Saya: 'Nah, oke. Sekarang saya tanya, apa yang bisa kamu berikan kepada pembaca? Sesuatu yang bernilai buat mereka?'

Biasanya pula, percapakan mentok sampai di sini.

Saya kira, kawan saya itu butuh sehari dua untuk memikirkan bolak-balik pertanyaan saya tadi. Beberapa di antaranya ada yang kembali dengan ide yang solid, dan jika demikian semua bisa dimulai dari situ.

Namun, sebagian lagi kembali dengan kebingungan dan malah balik bertanya:

'Apa sih yang memberi nilai manfaat bagi pembaca?'

Sebuah pertanyaan bagus, dan saya pun memiliki jawaban yang bagus pula. Jawaban yang mengantarkan kepada satu 'syarat utama bisa menghasilkan uang dari blog', yaitu:

Anda harus mengajarkan sesuatu kepada pembaca!

Jika Anda hanya sebatas menulis ulang berita terkini, atau pun sekedar menyampaikan opini Anda terhadap suatu kejadian dan fenomena, maka Anda tidak 'mengajarkan' banyak untuk pembaca.

Untuk keluar dari keramaian dunia blogging yang semakain sesak, Anda harus tampil sebagai blogger yang 'luar biasa'. Inilah kabar buruk bagi blogger opini, karena opini tidaklah luar biasa! Semenonjol apapun sebuah opini, ia akan tenggelam dan cepat dilupakan, karena memang tidak memberi manfaat nyata bagi pembaca.

Jika Anda menginginkan sebuah opini tentang sesuatu apapun, mulai dari berita politik terbaru, sampai peluncuran gadget terbaru, Anda dengan sangat mudah menemukannya di banyak situs.

Begitu banyak penulis yang berlomba adu cepat meng-update posting di blog mereka, dengan harapan jika mereka yang pertama kali menyampaikannya, kemungkinannya lebih besar meraih pembaca.

Tapi, sungguh itu sebuah perlombaan yang melelahkan. Tidak ada yang namanya 'pemenang' dalam hal blogging tentang opini dan berita. Nah, jika Anda memilih untuk mengabaikan 'perlombaan yang melelahkan' itu, dan fokus bagaimana menjadi bernilai untuk pembaca Anda, maka mulai dikenal sebagai seseorang. Seseorang yang memberi nilai!

Nah, jika Anda berhasil melakukannya, maka menghasilkan uang dari blog bukan lagi hal sulit. Segala peluang mendapatkan uang dari blog, akan muncul dengan sendirinya.

Setelah saya menjelaskan panjang lebar, tentang mengajarkan sesuatu untuk bisa menghasilkan uang dari blog, biasanya kawan itu melanjutkan dengan pertanyaan berikutnya:

Bagaimanakah caranya saya mengajarkan sesuatu melalui blog?

Jawaban saya, saya bagi menjadi 3 bagian. Dan sebelum saya menjelaskannya, saya ulangi pertanyaannya:

Bagaimanakah caranya saya mengajarkan sesuatu melalui blog? Dan mulai menghasilkan uang? Mari kita simak:

1. Mulailah dari hal yang Anda ketahui
Dari internet, Anda bisa belajar hampir tentang apapun. Meskipun misalnya, Anda belum pernah mengenal sama sekali tentang bagaimana beternak itik, Anda dapat menemukan banyak sekali petunjuk dan instruksi bagaimana beternak itik yang baik.

Tapi....

Jika Anda mau mengajari pembaca tentang bagaimana melakukan sesuatu, Anda butuh pengetahuan yang lebih. Orang-orang mencari sesuatu yang lebih dalam, sesuatu yang ril, sesuatu dari hasil pengalaman dan pengetahuan Anda, dimana informasi beternak itik di blog lainnya, tidaklah 'mengubur' informasi yang Anda sajikan.

Mulailah blogging mengenai sesuatu yang Anda bergairah di dalamnya. Jika Anda mengetahui banyak hal tentang bagaimana memanfaatkan internet untuk menghemat uang belanja, misalnya, buatlah blog tentangnya. Mungkin Anda tidak mengetahui segalanya, namun minimal Anda memang mengetahuinya, dan tentu Anda bisa mulai ngeblog dari pengetahuan itu.

Apakah sudah cukup? Tentu saja tidak. Anda perlu untuk terus belajar, dan ini mengantarkan kita kepada poin kedua.

2. Gali lebih dalam, lebih dalam lagi
Memilih topik yang familiar, cukup lah untuk segera memulai. Namun, Anda harus menggali lebih dalam dan belajar tentang topik tersebut. Kenapa? Karena jika tidak, Anda akan kehabisan bahan.

Kita ambil contoh di atas, jika Anda tidak terus belajar tentang menghemat uang dengan belanja online, Anda tidak akan mampu mengajarkan sesuatu yang baru kepada pembaca. Belum lagi bisa jadi terjadinya banyak perubahan dalam dunia belanja online itu sendiri.

Kesimpulannya, apapun topik yang Anda pilih, Anda perlu belajar, belajar dan terus meningkatkan kemampuan, keterampilan agar selalu bisa mengajarkan sesuatu yang baru kepada pembaca. Dari situlah, penghasilan dari blog berawal.

3. Terlibat langsung dengan pembaca
Menjalin hubungan yang 'mesra' dengan pembaca adalah hal terakhir yang mesti Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Banyak hal bisa dilakukan, salah satunya berinteraksi baik dengan pembaca dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan atau keluhan dari mereka melalui komentar.

Jika Anda mengabaikan komentar yang masuk, maka Anda tidak akan mampu menjalin hubungan yang baik dengan pembaca Anda. Hal ini berlaku untuk blog jenis apapun, namun dalam hal blog yang mengajarkan sesuatu, peran menjawab komentar menjadi jauh lebih penting, karena biasanya pembaca akan banyak bertanya seputar hal-hal yang belum mereka pahami.

Selain itu, pada saat Anda terlibat dan menjalin komunikasi dengan pembaca, Anda dapat mempelajari kelemahan diri sendiri. Mungkin Anda tidak begitu jelas menerangkan poin tertentu. Mungkin Anda menggunakan terlalu banyak kata-kata untuk menjabarkan suatu hal. Mungkin tulisan Anda terlalu banyak salah ketik, dan sebagainya.

Apapun alasannya, pembaca ingin mendapat perhatian. Jika mereka bisa belajar dari Anda, dan Anda bisa belajar dari mereka, Anda akan melihat perkembangan yang luar biasa.

Nah sekarang, pertanyaan selanjut adalah:

Mengapa blog yang mengajarkan sesuatu bekerja sangat baik?

Baiklah, saya coba menjelaskannya. Paling tidak ada 3 hal mengapa blog yang mengajari orang bagaimana melakukan sesuatu adalah yang terbaik dari segi peluang menghasilkan uang.

1. Pengiklan menyukainya
Bila Anda mengajari orang sesuatu hal, maka biasanya mereka perlu membeli sumber daya yang belum mereka miliki. Nah, ini adalah peluang sempurna bagi pengiklan untuk masuk.

Bahkan, seperti Anda tahu, iklan dari ads network semacam Google Adsense, biasanya memberi hasil relatif kecil, namun bagi blog yang mengajarkan sesuatu, maka hasilnya bisa jauh lebih besar dibandingkan blog jenis lain.

2. Dibagikan sukarela oleh pembaca di sosial media
Setiap kali saya membaca artikel, dan saya mempelajari sesuatu yang baru darinya, Anda bisa memastikan kalau saya pasti membagikannya di Facebook atau Google+.

Karena, jika saya bisa belajar darinya, maka mungkin sekali teman-teman saya lainnya pun bisa mengambil manfaat yang sama. Dan jika teman-teman itu pun memperoleh manfaat juga, mereka pun akan membagikannya lagi kepada yang lainnya. Dan terjadilah ekspos artikel yang luar biasa.

Apa artinya ini semua? Jelas, blog Anda akan mendapatkan pembaca yang luar biasa.

Jadi, jika Anda menginginkan artikel yang dibagikan luas di sosial media, tulislah artikel yang mengajari orang sesuatu. Ia adalah bentuk yang terbaik dari konten blogging.

Lebih jauh tentang jenis-jenis konten blog, silakan baca:

3. Paling sesuai untuk program afiliasi
Blog yang mengajari sesuatu adalah yang terbaik untuk program afiliasi. Karena, jika Anda mengajarkan sesuatu, kemudian Anda menaruh link ke suatu produk yang dibutuhkan untuk melakukannya, maka peluang pembaca akan membeli dari referensi Anda semakin besar. Apalagi bila Anda telah mendapatkan kepercayaan yang baik dari komunitas di topik Anda.

Artinya, artikel atau blog yang mengajari orang-orang bagaimana melakukan sesuatu, jauh lebih berpeluang sukses menghasilkan banyak uang.

Bagaimana? Cukup memiliki gambaran sebenarnya tentang menghasilkan uang dari blog?

Memang, membangun blog yang mengajarkan sesuatu kepada pembaca, bukanlah perkara mudah. Namun, jika Anda bertekad, menyediakan waktu yang cukup, tidak menyerah dan bersedia bekerja keras, hasil yang Anda peroleh akan sangat sepadan dengan semua itu.

Dan jika Anda melakukannya dengan sangat baik, penghasilan besar dari blog, bukanlah hal yang sulit untuk dicapai.

Nah, sudah ada bayangan ingin mengajarkan hal apa di blog baru Anda? Apakah Anda setuju dengan saya? Apakah Anda memiliki pengalaman tersendiri?

Bagikan melalui komentar. Dan seperti biasanya: sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar