Senin, 31 Maret 2014

Memahami Lisensi Creative Commons

21.18 Posted by Unknown No comments
Apa itu Creative Commons?

Jika diterjemahkan secara bebas, creative commons lisence dapat diartikan: lisensi sumberdaya kreatif bersama. Tapi dalam artikel ini sengaja saya tetap menggunakan istilah aslinya. Lebih jauh tentang Creative Commons, bisa Anda lihat di Wikipedia.

Banyak foto atau gambar yang Anda temukan di internet, bisa Anda gunakan di blog Anda, jika foto atau gambar tersebut memiliki lisensi creative commons (creative commons lisence).

Secara singkat, lisensi creative commons melindungi pemilik karya cipta tanpa memberikannya hak cipta secara penuh, dengan kata lain, orang lain dapat menggunakannya (dengan beberapa batasan dan syarat tertentu).

Anda perlu membaca batasan pada masing-masing foto atau gambar yang berlisensi creative commons untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakannya, serta atribusi apa atau hal apa saja yang dibutuhkan agar Anda dapat menggunakannya secara sah.

Ada 6 jenis lisense creative commons, seperti dijelaskan di bawah ini:

Attribution, Non-commercial, No Derivatives
Ini lisensi paling ketat dari semua lisense creative commons. Lisensi ini mengijinkan Anda memakai foto atau gambar, tapi Anda tidak boleh merubahnya dalam cara apapun, tidak boleh menggunakannya untuk tujuan komersial, dan Anda harus mencantumkan pemilik lisensi dan menyertakan link kepadanya.

Attribution, Non-commercial, Share Alike
Lisensi ini mengijinkan Anda merubah atau membuat desain baru dari foto atau gambar tersebut untuk tujuan non-komersial. Tapi Anda harus memberi kredit kepada pemilik asli, dan jika Anda melakukan pengubahan, maka Anda harus melisensikan hasil perubahan tersebut dengan kondisi dan syarat  lisensi yang sama seperti foto atau gambar aslinya.

Attribution, Non-commercial
Dengan lisensi ini, Anda dapat melakukan perubahan atau membuat desain baru dengannya untuk tujuan non-komersial. Anda harus menyebutkan pelisensi asli, tapi Anda tidak harus membuat lisensi sama persis seperti aslinya.

Attribution, No Derivatives
Anda boleh menggunakan foto atau gambar dengan lisensi ini untuk tujuan komersial atau pun non-komersial, tapi Anda tidak diperkenankan merubahnya dalam cara apapun serta harus mencantumkan link sumber.

Attribution, Share Alike
Anda dapat melakukan pengubahan terhadap foto atau gambar tersebut dengan syarat lisensi yang sama dengan sumber asli. Boleh untuk tujuan komersial maupun non-komersial, serta memberi link kepada sumber asli.

Attribution
Ini adalah lisensi paling terbuka dan fleksibel dari semua lisensi creative commons. Anda bebas mengedit, menggunakan untuk tujuan komersial, tanpa harus memberi lisensi yang sama, selama Anda tetap mencantumkan kredit kepada pemilik asli.

Nah, itulah penjelasan tentang lisensi creative commons, dengan memahaminya, diharapkan Anda dapat menggunakan sumberdaya dari internet dengan lebih bijak tanpa mengabaikan hak cipta serta jerih payah orang lain.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar