Senin, 31 Maret 2014

Bagaimana Berkomentar Membuat Anda Menjadi Penulis yang Lebih Baik

11.23 Posted by Unknown No comments
Lagi-lagi, saya membahas tentang manfaat komentar. Dan kali ini saya ingin menyampaikan bagaimana dengan berkomentar menjadikan kita menjadi penulis yang lebih baik

Ya. Menulis posting di blog sendiri, kadang membuat kita sedikit malas dan tidak memperhatikan benar-benar terhadap kualitas tulisan kita.

Sedangkan pada saat kita menulis komentar di blog lain, mau tidak mau Anda harus memperhatikan benar kualitas tulisan Anda, jika tidak mau mempertaruhkan kredibilitas di mata orang banyak.

Karena itu, ada beberapa alasan mengapa Anda seharusnya pengomentar yang lebih baik, yaitu:
  • Anda sedang mempromosikan blog Anda di blog orang lain, karenanya Anda mesti memberi kontribusi nyata.
  • Komentar Anda akan dibandingkan dengan komentar yang lainnya, sehingga Anda akan lebih memperhatikan dari segi kualitas.
  • Anda harus harus tampil beda, agar orang akan tertarik dengan apa yang Anda sampaikan, sehingga mereka diharapkan mengklik link ke blog Anda.
  • Ini adalah kesan pertama yang Anda sebarkan kepada banyak orang.
  • Anda terlibat dalam sebuah diskusi atau pun perbincangan, dan tentunya Anda ingin memberi 'nilai lebih' ke dalamnya.
  • Anda sedang menarik perhatian blogger yang dikomentari, sehingga ia memutuskan untuk berkunjung balik ke blog Anda.
  • Karena Anda memang senang bersosialiasi.
Ibaratnya, saat kita berkomentar di blog lain, kita sedang berada di rumah orang, dan kita cenderung akan lebih hati-hati dan lebih memperhatikan detil sekecil apapun. Kita akan memeriksa kesalahan dan kekurangan yang mungkin sering dilewatkan pada saat menulis posting di blog sendiri.

Maka dari itu, semakin sering Anda berkomentar, semakin Anda menyadari bahwa Anda bisa melakukan yang baik, dan tidak diragukan akan meningkatkan kemampuan menulis Anda menjadi lebih baik.

Dan sebagainya bonus tambahan, berkomentar memberi Anda kesempatan belajar yang luar biasa. Anda akan 'dipaksa' untuk membaca posting dengan cermat serta memahami apa yang disampaikan, sebelum Anda menyampaikan pendapat atau pemikiran Anda sendiri. 

Dengan berkomentar, Anda pun akan mengetahui topik apa yang sebenarnya Anda sukai (Anda tidak mungkin berkomentar, jika isi postingnya tidak Anda sukai bukan?), nah dari situ pada akhirnya Anda akan menemukan topik yang benar-benar Anda sukai dan mulai menulis lebih banyak tentangnya.

Jadi, saya sangat menganjurkan Anda untuk berkomentar sebanyak-banyaknya di blog yang bertopik sama dengan blog Anda. Selain kemampuan menulis Anda akan meningkat, Anda akan memperoleh banyak hal positif dari berkomentar, terutama dalam hal sosialiasi dan pembentukan identitas diri.

Satu hal, perlu selalu diingat: berkomentarlah secara cerdas! Jangan asal komentar, apalagi cuma menyebarkan spam.

Nah, berapa banyak komentar yang Anda tulis dalam sehari? Dan mengapa Anda berkomentar? Sudahkah Anda mempelajari sesuatu yang baru dari berkomentar? Silakan berbagi melalui kolom komentar di bawah. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar