Jumat, 07 Maret 2014

Berapa Jumlah Unit Iklan Adsense yang Dibolehkan dalam Satu Halaman?

15.39 Posted by Unknown No comments
Posting kali ini singkat saja, yaitu tentang berapa unit iklan Adsense yang diperbolehkan untuk satu halaman.

Alasan saya menulis hal 'sepele' ini adalah karena sampai saat ini, saya masih saja sering mendapat pertanyaan tentangnya, baik melalui komentar ataupun bertanya langsung melalui email atau facebook.

Bahkan ada beberapa pembaca yang 'protes' mengapa saya memasang lebih dari 3 unit iklan di blog PortalUang ini atau pun di blog milik saya lainnya.

Dan inilah penjelasannya. Sebagai publisher Google Adsense, Anda boleh memasang pada satu halaman maksimal:
  • 3 unit ikan Adsense for content (teks, image, rich media)
  • 3 unit iklan tautan (text link - horizontal / vertikal)
  • 2 unit kotak penelusuran Adsense (Google custom search)
Nah, berarti jelas bahwa saya tidak melanggar TOS Adsense bukan?

Tapi, rupanya beberapa pembaca PortalUang ada pula yang lebih jeli lagi. Setelah mereka bertanya dan sudah saya jawab, mereka tetap 'protes' karena di beberapa halaman, seperti pada artikel 'Memilih Niche Terbaik', mereka menemukan 1 lagi unit iklan di tengah-tengah artikel (unit 160x600, di sebelah kanan, sedikit di atas bagian sub judul 'kesimpulan akhir'). 

Katanya maksimal 3 unit Adsense for content, kok ada 4? 1 di bawah judul posting, 1 di sidebar, 1 di bawah artikel, dan ada 1 lagi di tengah. Jadi semuanya 4. Gimana ini?

Oke, saya jelaskan. Itu bukan iklan Google Adsense, itu adalah unit iklan dari Geniee. Tapi, karena Geniee juga terhubung dengan jaringan periklanan yang diotorisasi oleh Adsense, maka seringkali iklan yang muncul adalah iklan dari jaringan Google juga.

Ini juga sekaligus membuktikan bahwa Adsense bisa disandingkan dengan iklan PPC lainnya, yang menurut beberapa orang itu tidak boleh.

Sebagai tambahan, selain pada halaman web, Anda tidak diperkenankan memasang iklan Adsense, seperti pada email atau newsletter. Kode Adsense juga tidak boleh dipasang pada software aplikasi, tools browser, ekstensi dan lainnya.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar