Senin, 10 Maret 2014

Apakah Anda Benar-benar Bisa Menghasilkan Uang dari Blog?

09.13 Posted by Unknown No comments
Saya sudah cukup banyak menulis tentang topik 'menghasilkan uang dari blog' di PortalUang ini, dengan harapan memberi gambaran realistis tentang topik hangat yang satu ini.

Namun, saya menganggap tidak ada salahnya saya kembali mengemukakan topik ini, karena saya melihat ada banyak informasi yang kurang tepat tentang potensi menghasilkan uang dari kegiatan blogging.

Dari awal (sampai sekarang), saya masih sering mendapatkan pertanyaan, baik melalui email, dari komentar di blog ini, ataupun melalui obrolan di sosial media. 

Pertanyaan-pertanyaan seperti:
  • Apakah benar kita bisa menghasilkan uang sebagai full-time blogger?
  • Apakah hanya sebagian kecil saja orang yang mampu menghasilkan uang dari blog?
  • Apakah mendapatkan uang dari blog hanya benar-benar memungkinkan jika kita menulis topik tentang 'mencari uang dari blog'?
dan beberapa pertanyaan lain senada itu. Memang, berkaitan dengan topik yang satu ini, saya melihat adanya informasi yang 'berlebihan'. 

Satu sisi, saya menemukan banyak orang mengklaim mampu menghasilkan uang puluhan juta dari blogging dengan cepat. Klaim ini biasanya diikuti dengan suatu produk atau layanan tertentu yang 'menjamin' Anda sukses meraih penghasilan dari blog dengan mudah.

Di sisi lain, banyak orang berpendapat bahwa menghasilkan uang dari blog adalah sesuatu yang tidak mungkin. Atau mereka menganggap bahwa blogger-blogger yang mengaku full menghasilkan uang dari blog, adalah seorang pembohong, penipu, atau sekadar berniat 'menjual' produk tentang menghasilkan uang dari blog.

Realitas atau kenyataan yang sebenarnya adalah di antara kedua pendapat ekstrim ini.

Dan inilah 7 kenyataan yang saya tahu tentang hal menghasilkan uang dari blog:

1. Itu sangat mungkin!
Saya blogging kurang lebih sudah kurang lebih 3 tahun ini, dan 1 tahun terakhir nyatanya saya bisa menghasilkan uang dari blog.

Pada awalnya, saya membuat blog hanya untuk iseng-iseng menuangkan ide dan pikiran, tanpa terpikir sedikitpun untuk mendapatkan uang dari situ. Setahun kemudian, saya baru menyadari bahwa ada potensi menghasilkan uang dari blog, maka sejak itu saya mulai serius. 

Tapi, tidak begitu saja saya langsung menghasilkan uang dari blog, baru 7 bulan kemudian, hasilnya mulai tampak. Mulai dari beberapa sen per hari, dan terus meningkat dari waktu ke waktu, dan saat ini dari beberapa blog yang saya miliki, saya bisa mendapatkan hasil cukup lumayan untuk ukuran kerja yang dilakukan paruh waktu.

2. Tidak ada cara tunggal menghasilkan uang dari blog
Jika ada yang berkata: 'inilah cara terbaik satu-satunya untuk menghasilkan uang dari blog', yakinlah itu tidaklah benar. 

Nyatanya, ada banyak cara bagi seorang blogger menghasilkan uang dari blognya, mulai dari menyediakan space iklan, menjalankan afiliasi, mempromosikan bisnis offline, menjual ebook, mengelola membership program, dan banyak lagi.

Dan satu hal, tidak ada satu cara pun yang bisa dijalankan oleh semua orang. Masing-masing blogger memiliki cara dan kecenderungan sendiri untuk menjalankan cara paling tepat bagi mereka menghasilkan uang dari blog.

Silakan lihat artikel 'rangkuman cara blogger menghasilkan uang', di situ saya menjelaskan cara-cara yang mungkin bagi seorang blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

3. Tidak ada 'rumus' pasti
Dari waktu ke waktu, saya melihat orang-orang mengeluarkan 'produk' yang diklaim sebagai sebagai formula sukses cari uang online, termasuk dari blogging. Mereka menjanjikan panduan langkah per langkah, yang jika Anda jalankan, dijamin Anda menghasilkan uang!

Dari pengalaman saya, tidak ada yang namanya rumus pasti tersebut.

Dari setiap blogger yang saya kenal, mereka memiliki 'cerita' tersendiri bagaimana mencapai keberhasilan, yang berbeda dari orang per orang. Mereka melakukan sesuatu lebih dengan cara mengikuti 'insting' mereka, serta kerap menemukan sesuatu yang mengejutkan sepanjang perjalanan sebagai blogger.

Tentu, ada kesamaan dalam banyak hal dari cerita sukses mereka, tapi masing-masing blogger memiliki kepribadian dan gaya yang berbeda, mereka memiliki target audiens yang berbeda, serta topik yang berbeda-beda pula.

Inti dari poin ini adalah, bahwa Anda memang perlu belajar dari mereka yang telah lebih dulu sukses menghasilkan uang dari blog, melihat apa saja yang telah mereka lakukan, tapi untuk kesuksesan Anda sendiri, Anda harus mampu menemukan 'cerita sukses' milik Anda sendiri, dengan cara mungkin sama sekali berbeda dari mereka.

4. Banyak topik yang bisa menghasilkan uang
Salah satu kritik dalam hal menghasilkan uang dari blog, adalah bahwa orang yang berhasil mendapatkan uang dari blognya, hanyalah mereka yang menulis tentang 'cara menghasilkan uang dari blog'.

Ini sama sekali tidaklah benar!

Nyatanya, sebagian besar mereka yang sukses dari blognya, sama sekali tidak mengajarkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Namun, mungkin karena yang tertarik bisa mendapatkan uang dari blog adalah para blogger, tentu saja mereka banyak membaca blog tentang 'bagaimana mencari uang dari blog', sehingga menganggap satu-satunya topik yang menghasilkan uang adalah mengajarkan orang menghasilkan uang juga.

Sekali lagi, ini tidak benar. Apapun topiknya, selama informasi tersebut dibutuhkan banyak orang, mampu membangun komunitas dan trafik, maka topik itu sangat bisa menghasilkan uang.

5. Kebanyakan blogger, tidak full-time sebagai blogger
Setiap orang yang memulai blogging dengan tujuan menghasilkan uang, mungkin punya mimpi suatu saat dapat bekerja full-time dan hidup sebagai blogger. Ya itu sah-sah saja. Tapi, kenyataannya adalah sangat sedikit blogger yang benar-benar full sebagai blogger dan mampu mencukupi hidupnya.

Memang, semakin hari semakin banyak saja mereka yang kerja penuh waktu sebagai blogger, namun jika dibandingkan dengan seluruh blogger yang bertujuan mencari uang, maka itu tetap hanya sebagian kecilnya saja.

Saya pun tidak! Nyatanya, saya punya 'pekerjaan sampingan' sebagai freelancer desain grafis. Betul, saya bekerja online full-time dari rumah, tapi tidak full sebagai blogger.

6. Ini butuh waktu
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bahwa 1 tahun pertama blogging, saya tidak menghasilkan satu rupiah pun dari blog. Dan dari obrolan dengan beberapa blogger yang mampu menghasilkan uang cukup baik, rata-rata mereka telah menjalani blogging selama 2 - 3 tahun. 

Dari sini jelas, bahwa blogging bukan satu cara cepat menjadi kaya. Butuh waktu untuk membangun audiens, membangun brand, serta membangun reputasi dan kepercayaan dari pembaca.

Dan tentu saja, meskipun mungkin Anda telah blogging selama 3 - 4 tahun, tetap tidak ada jaminan Anda mendapatkan hasil yang 'lumayan' dari blog. Semua tergantung dari kerja keras, dedikasi Anda sendiri.

7. Ini butuh kerja keras
Lamanya waktu yang dibutuhkan, bukan satu-satunya kunci blog yang menguntungkan. Ada kunci lain yang dilakukan mereka yang telah sukses menghasilkan banyak uang dari blog, yaitu: kerja keras!

Kerja santai seadanya dan blogging menghasilkan uang, bukanlah satu paket.

Salah satu yang sering saya dengar: menghasilkan uang dari blog, adalah sumber penghasilan pasif (passive income). Sayangnya saya tidak merasakan hal itu.

Nyatanya, untuk sukses blogging, Anda perlu melakukan banyak hal, perlu membuat konten yang berkualitas setiap hari, menyiapkan artikel pilar, selalu mengikuti perkembangan di komunitas, menghasilkan produk, membangun audiens, dan banyak lagi.

Kuncinya adalah membangun blog yang 'menarik' orang membacanya, blog yang original, blog yang bermanfaat dan memberi nilai. Dan semua itu tidaklah terjadi begitu saja, tapi membutuhkan kerja keras!

Kesimpulan
Ya, adalah hal sangat mungkin untuk menghasilkan uang dari blog. Dan semakin hari, semakin banyak pula mereka yang bekerja full sebagai blogger dengan hasil yang memadai, meskipun itu baru hanya sebagian kecil saja.

Mereka yang bisa menghasilkan uang dari blog, datang dari berbagai niche atau topik blog, dan satu hal yang paling penting membuat mereka sukses adalah karena mereka setia tetap menjalankan blogging dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, sudah berapa lama Anda menjalani blogging? Apakah Anda berusaha mendapatkan uang dari blog Anda? Atau memang Anda sudah berhasil mendapatkannya?

Bagikan pengalaman Anda melalui komentar.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar