Selasa, 11 Maret 2014

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Niche Blog

02.31 Posted by Unknown No comments
Pada artikel cara memilih niche blog, saya telah mengulas panduan lengkap tentang hal ini secara runut dan mendalam. Dan pada artikel kerangka acuan topik blog, saya telah menjelaskan 4 jenis topik blog yang memungkinkan.

Dari kedua artikel tersebut, saya berharap Anda telah memiliki gambaran yang lebih clear dan menyeluruh, serta bisa menentukan topik blog terbaik yang Anda mampu.

Namun begitu, ada beberapa faktor paling umum, yang ingin saya tegaskan kembali pada posting kali ini. Faktor-faktor ini sebagai pertimbangan akhir pada saat Anda memutuskan topik untuk blog Anda. Dengan begitu, saya berharap Anda benar-benar mampu memilih niche terbaik, yang akan mengantarkan Anda menjadi seorang blogger sukses.

Nah inilah beberapa hal tersebut:

Blogging tentang apa yang Anda tahu
Ini hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Tidak peduli Anda blogging untuk sekedar kesenangan ataupun mencari uang, Anda harus menulis topik yang Anda tahu cukup banyak tentangnya. Dengan kata lain, Anda tidak boleh mengaku 'ahli' di bidang yang Anda tidak kuasa dengan baik.

Ini bukan berarti Anda harus mengetahui 'segalanya' tentang topik tersebut, tapi paling tidak Anda harus lebih mengetahui dibandingkan rata-rata pengunjung blog Anda.

Silakan baca lebih jauh pendapat saya tentang masalah 'menjadi ahli' ini di artikel: Menjadi Blogger yang 'Ahli' Itu Mudah!

Dengan memilih topik yang Anda kuasai, Anda bisa menulis dengan level authority tertentu. Selain itu, Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu mencari bahan dasar, dan segala seluk beluk tentang topik tersebut. Saya yakin Anda tahu apa yang saya maksud.

Meskipun, terkadang Anda butuh mencari data baru, info baru atau perkembangan tentang topik tersebut, tapi bila Anda cukup menguasai dan familiar dengan topiknya, maka ada 2 keuntungan yang Anda peroleh.

Pertama, Anda akan tahu dimana tempat yang tepat Anda menemukan informasi. Kedua, Anda akan lebih mudah dan cepat untuk memahami sumber bahan yang dicari, karena Anda telah memahami istilah dan terminologi di topik tersebut.

Blogging tentang apa yang Anda suka
Penting sekali untuk memiliki gairah dan kecintaan terhadap topik yang Anda pilih, jika tidak Anda hanya akan bertahan beberapa minggu, setelah itu Anda mulai kehilangan minat. Anda akan kehilangan motivasi untuk terus mengupdate blog, Anda tidak memiliki apapun untuk ditulis, bahkan Anda akan mulai 'membenci' segala apapun dari blog Anda.

Bila Anda menyukai topik yang dipilih, sebaliknya, Anda akan tetap memiliki semangat yang cukup untuk terus melanjutkan. Hal ini berlaku, baik Anda blogging sebagai hobi, maupun untuk menghasilkan uang.

Intinya, jika Anda menyukai topiknya, Anda akan setia terhadap blog Anda!

Blogging tentang topik yang mendatangkan uang
Jika Anda blogging sekedar hobi dan kesenangan, maka hal yang satu ini tidaklah penting. Namun, jika tujuan Anda blogging adalah untuk mendapatkan uang yang cukup memadai, maka hal ini ini sama pentingnya dengan dua hal sebelumnya, yaitu ngeblog yang Anda tahu dan Anda sukai.

Hal yang cukup 'menantang' untuk mencari secara pasti topik yang paling menguntungkan, karena preferensi orang-orang (terutama para pengiklan) senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Namun demikian, ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk tujuan ini.

Salah satunya, Anda bisa menggunakan Keyword Planner milik Google Adwords. Misalnya, Anda ragu antara blogging tentang 'Samsung Android' atau 'kucing peliharaan', maka Anda bisa mengetahui iklan Google apa saja yang akan Anda dapatkan serta gambaran besarnya penghasilan yang akan diperoleh.

Namun, saya ingatkan, memilih topik semata-mata melulu berdasarkan besaran nilai iklan, bukanlah hal yang bagus. Anda tetap harus mempertimbangkan dua hal diatas sebelumnya.

Terakhir, salah satu yang menjadi pertimbangan, adalah kompetisi di topik tertentu. Tidak dipungkiri, ada beberapa topik yang sudah demikian ketat persaingannya, sehingga akan lebih sulit Anda bersaing di topik tersebut.

Idealnya, Anda memilih topik dengan persaingan menengah atau rendah, tapi memiliki potensi penghasilan cukup tinggi. Di sinilah letak 'seninya' dalam memilih topik blog.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih niche terbaik untuk blogging. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar