Kamis, 06 Maret 2014

Apakah Benar-benar Harus Menulis Topik yang Anda Sukai untuk Menghasilkan Uang Online?

11.21 Posted by Unknown No comments
Ada satu 'ujar-ujar' yang amat terkenal di kalangan blogger, atau mereka yang bekerja mencari uang online.

Saya yakin, Anda pun pasti pernah mendengar sebelumnya. Inilah ujar-ujar itu:

'Bila Anda ingin menghasilkan uang online, Anda harus memilih topik yang Anda sukai dan bergairah di dalamnya. Anda harus 'mencintainya', atau Anda akan gagal.'

Saya setuju terhadap hal ini: 1000%! Saat ini saya memiliki beberapa blog, semuanya dengan topik yang saya cintai.

Namun, setelah sekian lama menjalani blogging, akhirnya saya mulai mempertanyakan nasihat utama para blogger ini.

Membuat website atau blog dengan topik Anda cintai, tidak diragukan lagi, adalah strategi yang amat bagus, dan itu telah terbukti berhasil untuk banyak orang. Namun, saya meragukan bahwa itu adalah satu-satunya cara, atau pun merupakan satu-satunya strategi terbaik.

Satu kelemahan yang saya lihat dari pernyataan itu adalah kenyataan:

Jika niche atau topik yang Anda cintai itu, merupakan topik yang kurang atau tidak profitable (menguntungkan), maka sepertinya akan sangat sulit untuk sukses menghasilkan banyak uang dari internet.

Mari ambil contoh, misalnya Anda sangat menyukai kopi. Haruskah Anda menulis tentang kopi guna menghasilkan uang online? Ya, Anda bisa saja berhasil membangun situs yang amat populer tentang kopi, namun jika Anda memutuskan memilih topik lain yang lebih menguntungkan, dengan kerja keras dan usaha yang sama, Anda akan meraih penghasilan yang jauh lebih besar.

Satu alasan paling kuat bagi mereka yang memegang teguh, bahwa 'Anda harus menulis topik yang benar-benar Anda cintai', adalah karena jika Anda memilih satu topik hanya semata-mata karena topik tersebut menguntungkan, maka Anda akan kehilangan motivasi di tengah jalan.

Di sisi lain, jika Anda menulis topik yang Anda cintai, maka Anda akan mampu terus menghadirkan konten secara konsisten, bahkan setelah bertahun-tahun Anda jalani.

Ini benar. Benar sebagian, tapi tidak seluruhnya benar!

Kenapa? Karena beberapa orang dapat termotivasi, semata karena gairah dan keinginan kuat untuk menghasilkan uang atau mencapai sukses.

Dengan kata lain, jika mereka memulai membuat blog atau website dengan niche yang menguntungkan, lalu mendapatkan bahwa usahanya berhasil mendatangkan uang, maka mereka bisa sangat termotivasi, tidak peduli apapun topiknya. Jika perlu, mereka akan melakukan riset, belajar lebih banyak tentang topik tersebut, agar terus mencapai yang lebih besar lagi.

Tapi memang, ini tidak terjadi pada setiap orang. Oleh karena itu, seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, tentang cara memilih topik terbaik untuk blog, saya menekankan bahwa Anda cukup memilih gairah untuk belajar.

Jadi, dimana posisi saya terhadap masalah ini? 

Saya kira, kedua strategi itu bekerja sama baiknya. Memilih satu topik yang Anda memiliki gairah dan Anda mencintainya, pastinya adalah strategi yang sangat bagus. Namun, memilih topik yang menguntungkan meski tidak Anda sukai, tetap akan memberikan hasil akhir yang sama hebatnya, jika Anda bersedia menggali dan terus belajar.

Gairah untuk belajar, menurut saya itu adalah kuncinya. Bukan gairah terhadap topiknya itu sendiri.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda memiliki pandangan lain dalam hal ini? Saya tunggu sharingnya melalui komentar.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar