Senin, 07 April 2014

Modal Dasar Membangun Blog yang Sukses

15.19 Posted by Unknown No comments
Ingin sukses sebagai blogger?

Blogging itu menyenangkan. Siapapun dapat dengan mudah membuat sebuah blog. Tapi, jika Anda ingin dikenal sebagai blogger top, 'diperhitungkan' di blogosphere, maka Anda harus menyukseskan dulu blog Anda.

Nyatanya ada beberapa syarat atau modal dasar yang diperlukan oleh mereka yang ingin sukses dalam blogging. Dan di bawah ini adalah syarat-syarat minimal untuk mengantarkan Anda menjadi seorang blogger yang sukses:

Topik yang menarik bagi orang banyak
Hampir semua blog sukses adalah blog yang mengangkat topik yang dicari banyak orang. Semakin banyak orang tertarik dengan topik yang Anda tulis, semakin banyak orang yang mencari informasi tersebut, semakin besar kesempatan untuk sukses.

Lebih jauh tentang ini, silakan baca:
Kerangka Acuan Jenis Konten Blog, Mana yang Membawa Sukses?

Topik yang disukai
Lagi-lagi ini masalah gairah. Jika Anda menyukai topiknya, Anda akan mampu menulis banyak sekali di blog Anda. Bisa dikatakan Anda bisa menulis non-stop, tiada henti.

Namun, jika Anda tidak mencintai topik blog Anda, maka Anda akan kehabisan kata. Dan lebih jauh, pembaca akan tahu, bahwa Anda sekadar menulis asal jadi, bukannya menulis dari hati

Komitmen
Blog yang sukses membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Membangun blog yang sukses tidak sekadar mempublish artikel baru beberapa kali per bulan.

Semua blog sukses, adalah blog yang diupdate secara rutin dan cukup sering (bahkan banyak yang update 2 - 3 kali sehari). Dan orang yang berada di balik blog itu, bekerja tanpa henti mempromosikan blognya dan mendatangkan trafik.

Butuh waktu
Membangun blog sukses memakan waktu yang tidak sedikit. Investasi waktu adalah investasi terbesar yang Anda perlukan. Membangun blog sukses tidak berhenti pada mempublish konten baru. Tapi mereka yang sukses, menghabiskan banyak waktu untuk berpromosi, membaca, melakukan riset dan sebagainya untuk mendatangkan banyak trafik ke blognya.

Gairah memupuk persahabatan
Blog ada bagian dari media sosial. Bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan banyak orang adalah modal dasar membangun blog sukses berikutnya.

Merespon terhadap komentar yang masuk, serta berinteraksi dengan pembaca melalui berbagai media sosial, forum dan sebagainya adalah hal penting untuk membangun hubungan sekaligus mendatangkan trafik.

Gairah terus belajar
Topik yang Anda angkat, bahkan dunia blogging itu sendiri, adalah dunia yang berkembang. Itu artinya, blogger sukses adalah mereka yang tidak henti mencari cara baru, konsep baru, strategi baru untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan blognya. Itu semua bisa dilakukan dengan tetap semangat dan kemauan belajar terus-menerus tiada henti.

Menyukai membaca dan melakukan riset
Blogger adalah penulis. Untuk bisa menulis, mereka harus banyak membaca. Senang membaca dan melakukan riset adalah hal penting menjaga blog Anda tetap up to date, dan itu adalah modal dasar dari kesuksesan sebuah blog.

Kreativitas
Blog yang sukses biasanya kerap diupdate secara rutin. Itu artinya, blog yang sukses selalu menyajikan konten yang segar, baru dan unik kepada pembacanya. 

Menyajikan konten yang bermanfaat, tentu saja memerlukan kreativitas. Di sinilah letak perbedaan antara blogger yang sukses dan yang gagal. Kuncinya satu: tidak berhenti untuk belajar.

Butuh kesabaran
Sukses dalam blogging tidak lah diraih dalam semalam. Bersiaplah tetap berkomitmen dan berdedikasi untuk mempromosikan blog dalam jangka panjang. Pada akhirnya nanti, kerja keras Anda akan berbuah manis, kuncinya satu: jangan pernah menyerah!

Nah, itulah hal-hal paling mendasar yang diperlukan untuk membangun blog yang sukses. Apakah Anda telah memiliki semuanya? Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar