Minggu, 06 April 2014

6 Tips Kalimat Pembuka yang Membuat Orang Membaca Posting Blog sampai Selesai

18.56 Posted by Unknown No comments
Judul artikel, kalimat pertama dan paragraf pertama dari posting blog Anda adalah bagian paling penting, yang amat menentukan, apakah pembaca cukup tertarik untuk terus membaca sampai selesai atau tidak.

Jika kalimat pembuka artikel Anda 'tumpul' dan membosankan, maka orang cenderung malas membacanya, dan itu adalah resep manjur membuat blog Anda gagal.

Maka dari itu, curi perhatian pembaca dan buat mereka bergairah untuk membaca posting Anda sampai selesai dengan kalimat pembuka yang memikat, dengan mengikuti 6 tips di bawah ini:

1. Kemukakan masalah
Tirulah gaya menulis seorang copywriter. Sampaikan masalah di awal posting, diikuti dengan 'janji' cara memecahkan masalah tersebut.

Cara ini efektif untuk membuat orang membaca posting Anda sampai selesai. Ingatlah bahwa masalah tidaklah harus berwujud atau nyata, seorang copywriter dengan lihainya, mampu memunculkan 'masalah' dari waktu ke waktu. Anda pun bisa melakukannya di posting blog Anda.

2. Buatlah personal dan mengajak pembaca berpartisipasi
Jangan hanya berbicara 'kepada' pembaca Anda, tapi berbicaralah 'dengan' mereka.

Cara termudah untuk mengajak pembaca ikut 'larut' dengan posting blog Anda, memancing interaksi dengan mereka, serta mengikutsertakan mereka adalah dengan mengajukan pertanyaan di awal tulisan.

Ini membantu pembaca menyelami konten Anda, sekaligus membuat mereka merasa bahwa Anda menghargai pendapat mereka sendiri. 

Meskipun pendapat yang akan Anda kemukakan kemudian, mungkin berbeda dari orang kebanyakan, Anda tetap bisa mengajukan pertanyaan untuk memancing terjadinya debat yang sehat. Jelas ini sebuah cara membuat mereka terus membaca posting Anda sampai ujung tulisan.

3. Berikan data dan fakta
Statistik selalu bisa menjadi pembuka posting yang hebat, terlebih jika data yang Anda paparkan akan mengejutkan pembaca. Coba teliti berapa banyak iklan produk yang dibuat dengan prinsip yang sama untuk menarik perhatian pemirsa.

Dan hal itu pun akan bekerja sama baiknya untuk sebuah posting blog. Kemukakan data statistik yang Anda miliki di awal, dan buatlah pembaca penasaran ingin mengetahui penjelasan detilnya di bagian akhir tulisan.

4. Sajikan sebuah cerita
Semua orang menyukai cerita. Cerita yang inspiratif, cerita yang memancing rasa ingin tahu, sangat bagus digunakan sebagai pembukaan posting blog untuk menyentuh pembaca secara emosional. Sebuah kisah selalu menarik, sedangkan fakta-fakta seringkali membosankan.

Oleh karena itu, raih perhatian, aduk emosi pembaca, dan buat mereka penasaran, ingin mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, dengan menyajikan cerita yang hebat di awal tulisan.

5. Ajak pembaca bernostalgia
Ingatkah dulu, ....... ? Dua kata sederhana nan sempurna sebagai pembuka posting blog Anda, ia mengajak pembaca untuk mengingat masa-masa nostalgia, mengingatkan kepada waktu yang lebih baik, lebih bahagia, atau paling tidak mengingatkan mereka kepada saat-saat yang berbeda.

Apakah Anda mengingatkan pembaca bahwa betapa beruntungnya mereka saat ini dibandingkan keadaan di masa-masa yang lalu, ataupun sekadar memancing emosi mereka dengan masa bahagia yang telah lewat, nostalgia selalu menjadi sesuatu yang hebat, yang bukan hanya membuat mereka merindukan saat-saat berbeda, namun juga membuat mereka 'merindukan' untuk membaca posting Anda sampai akhirnya.

Cobalah!

6. Bukalah dengan sebuah kesimpulan
Menulislah seperti seorang jurnalis yang menggunakan metode piramida terbalik, yaitu dengan cara menyajikan poin atau fakta utama lebih dulu. 

Banyak penulis yang secara berlebihan menulis pembukaan posting dengan menyajikan detil yang tidak perlu, basa-basi yang percuma, dengan harapan memberi 'kejutan' di akhir tulisan. Sayangnya, hal ini tidak akan berhasil dengan baik.

Orang yang membaca blog, cenderung akan melompat-lompat cepat. Dan biasanya, untuk mencari tahu apa yang akan mereka dapatkan dari satu posting blog, adalah dengan membaca bagian pembuka tulisan.

Jika selama ini Anda terbiasa menulis posting blog dengan menyimpan poin terbaik yang Anda miliki di bagian akhir tulisan, sebaiknya tulis ulang artikel tersebut, dan pindahkan poin terbaik itu di awal-awal tulisan.

Intinya, raih perhatian pembaca dengan memberi informasi terbaik di awal tulisan, dan biarkan mereka memutuskan apakah ingin meneruskan membaca atau tidak. Jangan 'simpan' informasi yang Anda ingin berikan di akhir tulisan, dengan berharap mereka akan terus membaca tulisan Anda sampai selesai, karena itu sangat jarang terjadi.

Nah, itulah 6 tips membuat pembukaan posting blog kali ini, tentu saja Anda lalu dapat menggabungkan ke-6 tips di atas, tapi juga tidak berarti Anda harus menerapkan keenam-enamnya sekaligus untuk satu posting tunggal.

Pilih cara terbaik yang Anda merasa paling nyaman. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa, saya tunggu pengalaman Anda tentang menulis kalimat pembuka yang baik di kolom komentar.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar