Selasa, 18 Maret 2014

Tantangan #6: Menentukan dan Mengetahui Audiens Blog Anda!

14.59 Posted by Unknown , No comments
Setelah beberapa minggu saya sempat tidak menulis lanjutan Seri Tantangan Blogging PortalUang, kini saya menyajikannya lagi untuk Anda.

Dan kali ini tantangannya adalah: menentukan dan mengetahui, siapa pembaca blog Anda?

'Jika Anda tidak mengetahui untuk siapa Anda menulis, bagaimana Anda tahu apa yang akan Anda tulis?'

Ya betul, bukan? Jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda menulis, bagaimana Anda bisa tahu apa dan bagaimana cara Anda menyampaikan sesuatu yang ingin Anda sampaikan?

Untuk itu, tantangan PortalUang kali ini mengajak Anda untuk menentukan (jika belum) sekaligus mengetahui audiens blog Anda. Untuk siapakah blog Anda? Apakah Anda mengetahui siapa mereka? Bisakah Anda 'melihat' mereka di dalam pikiran saat Anda menulis sebuah artikel?

Apakah cuma ada orang-orang tertentu yang ada di dalam pikiran Anda, ataukah orang banyak? Atau mungkin sekelompok orang-orang khusus tertentu? Kepada siapa Anda 'berbicara' saat menulis konten blog?

Seberapa tua mereka? Seberapa muda mereka? Apakah mereka ibu rumah tangga atau gadis remaja, atau para profesional di bidang tertentu?

Apakah mereka tinggal di wilayah atau kota tertentu? Agama tertentu? Pekerjaan tertentu? Apakah audiens Anda adalah satu kelompok kecil atau justru satu kelompok yang amat besar?

Menentukan dan mengetahui untuk siapa Anda menulis adalah hal yang sangat penting dalam rangka menyukseskan blog Anda. Karena, jika Anda membayangkan menulis untuk semua orang, maka itu merupakan kesia-siaan terbesar yang Anda lakukan dari sebuah blog.

Jadi, mulai sekarang, tentukan, ketahui, pahami, siapa yang duduk di depan komputer di ujung sana, yang membaca blog Anda! Dengan begitu, blog Anda akan lebih hidup, lebih terarah dan tentu saja pasti akan lebih sukses lagi.

Dan jika saat ini Anda belum tahu siapa audiens blog Anda, maka carilah tahu, bertanyalah. Ceritakan sedikit tentang deskripsi blog Anda beserta alamat blognya di kolom komentar, dan undanglah siapa saja untuk mengeceknya, dan minta pendapat mereka, siapa kira-kira menurut mereka audiens blog Anda.

(saya pastikan, saya adalah orang pertama yang akan mengunjungi blog Anda!)

Atau, tulislah sebuah posting tentang hal ini, dan tanyakan kepada pembaca, siapa mereka sebenarnya, sehingga Anda nantinya akan sungguh-sungguh mengenal siapa sebenarnya pembaca blog Anda. Dengan mengenal mereka, Anda akan lebih produktif, menulis lebih baik dan mengantarkan blog Anda selangkah lebih baik.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar