Minggu, 16 Maret 2014

Perbedaan Antara Posting Pendek dan Posting Panjang, Mana yang Terbaik?

16.41 Posted by Unknown No comments
Ukuran panjang sebuah posting selalu menjadi perhatian bagi seorang blogger setiap kali menulis artikel baru.

Artikel yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang akan membawa dampak yang kurang bagus bagi perkembangan blog itu sendiri.

Oleh karena itu, selalu perhatikan masalah seberapa panjang artikel Anda setiap kali menulis.

Saya sendiri, tidak terlalu memperhatikan jumlah kata (nyatanya saya memang tidak pernah menghitung berapa jumlah kata pada artikel yang saya tulis). Saya lebih memilih untuk menggunakan 'perasaan', kapan saya harus berhenti, atau kapan saya harus menulis lebih banyak. 

Dengan kata lain, saya tidak akan berhenti menulis sebelum merasa bahwa saya telah menuangkan ide secara tuntas dalam sebuah artikel.

Namun begitu, masalah panjang pendeknya sebuah posting blog tetap menjadi pembicaraan hangat di kalangan blogger. Lalu, mana yang terbaik?

Nah, di bawah ini perbandingan antara keduanya:

Posting pendek (kurang dari 500 kata)
Di bawah ini adalah kelebihan dari sebuah posting pendek:

Menarik perhatian pembaca
Pembaca online memiliki rentang perhatian yang cukup singkat. Dan bisa dikatakan seseorang hanya bisa berkonsentrasi kurang dari 2 menit pada suatu artikel blog.

Setelah itu, konsentrasi mereka amat bergantung pada kualitas artikelnya itu sendiri. Jika artikel Anda bagus dan bermanfaat bagi mereka, mereka akan membacanya sampai tuntas. Jika tidak, maka pengunjung akan berhenti dan mulai mencari artikel lainnya.

Nah, dengan menulis artikel 'ringan', Anda berhasil menarik perhatian mereka sejak awal untuk membacanya. Tulisan yang ringkas, singkat dan padat, terlihat menarik untuk dibaca.

Mudah menulisnya
Ya artikel pendek cukup mudah untuk dibuat. Dengan artikel-artikel pendek, Anda bisa membuat posting harian, dan memanjakan pembaca dengan informasi yang tersaji ringan dan rutin.

Posting panjang (lebih dari 1000 kata)
Sebuah posting bisa disebut panjang bila terdiri lebih dari 1000 kata, bahkan kadang-kadang lebih dari 2000 kata.

Artikel panjang ini memang kelihatannya amat 'berat' dan menimbulkan rasa malas bagi orang untuk membacanya. Namun demikian, artikel panjang memiliki keuntungannya sendiri, dan ini lah kelebihan dari artikel panjang.

Konten pilar yang mendatangkan trafik dalam jangka panjang
Artikel panjang adalah salah satu metode yang amat bagus bagi strategi menyajikan konten blog, dimana orang-orang membutuhkan uraian tuntas terhadap pelbagai topik. Dan inilah yang kerap disebut sebagai artikel pilar, sesuatu yang amat penting dimiliki oleh setiap blog.

Dan jika posting atau artikel panjang ini menarik dan bernilai, maka tidak diragukan lagi akan mendatangkan trafik berlimpah untuk masa yang lama.

Mengupas topik secara tuntas
Jika Anda memerlukan 1000 kata atau lebih untuk menyampaikan sesuatu, maka pastinya telah melakukan brainstorming dalam menggali ide, lalu menyusun semua informasi ke dalam sebuah penjelasan yang detil dan mendalam.

Inilah kelebihan dan keunggulan terbesar dari sebuah artikel panjang, ia mengupas dan menyajikan topik secara tuntas dan mendalam, yang tentu saja itu adalah hal yang amat baik dalam mendatangkan trafik.

Akhirnya kita kembali kepada pertanyaan yang telah saya sampaikan di atas: mana yang terbaik?

Seringkali, posting pendek amat berguna bagi pembaca pada saat mereka mencari informasi dasar pada suatu topik tertentu. Sedangkan artikel panjang, dengan pembahasan yang mendalam dan tuntas, juga sangatlah dicari banyak pembaca sebagai referensi dan sumber pembelajaran.

Kesimpulannya, dua-duanya adalah sama baiknya. Dua-duanya sama-sama diperlukan pada sebuah blog. Untuk itu saya menyarankan, tulislah artikel ringan untuk basis update harian, sementara menyiapkan artikel pilar yang mendalam untuk update mingguan.

Lebih jauh mengenai ini, silakan baca: seberapa panjang posting blog terbaik? Dan mengenai menulis artikel pilar Anda, silakan baca: strategi membuat konten blog.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda lebih banyak menulis artikel pendek atau panjang? Bagikan melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar