Jumat, 14 Maret 2014

Bagaimana Cara Menangani Komentar Negatif di Blog Anda?

12.46 Posted by Unknown No comments
Salah satu hal yang dikhawatirkan beberapa blogger, terutama saat-saat awal memulai blogging, adalah apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan komentar negatif dari pembaca.

Dan beberapa blogger juga lebih memilih mematikan sepenuhnya fasilitas komentar di blognya, karena mereka terlalu 'takut' terhadap hal ini. Namun dari pengalaman saya, nyatanya ketika Anda mengijinkan orang lain mengomentari apa yang Anda sajikan, kebanyakan dari komentar yang masuk adalah komentar yang positif.

Sampai saat menulis artikel ini, Portal-Uang telah memiliki total sebanyak 3.268 komentar (termasuk komentar jawaban dari saya)

Dari jumlah sekian itu, mungkin tidak ada 50 komentar yang bernada negatif. Dari jumlah itu pun kebanyakan hanya berupa komentar OOT dan mempromosikan sesuatu. Dan mungkin hanya hitungan jari yang benar-benar berupa komentar negatif, yang menyatakan ketidaksetujuan dengan 'gaya' yang tidak biasa.

Jadi, saya menyimpulkan, amat lah disayangkan jika Anda kehilangan peluang untuk berinteraksi dengan pembaca serta mendapat masukan dari mereka dengan mematikan fasilitas komentar, hanya karena 'takut' terhadap komentar negatif.

Satu hal yang mesti diingat: Anda selalu memiliki kontrol, Anda lah yang mengendalikan! Sehingga jika suatu saat Anda menerima komentar yang bernada negatif, marah, mencemooh dan sejenisnya, maka Anda memiliki beberapa opsi bagaimana menanganinya.

Dan inilah 5 pendekatan yang bisa Anda lakukan untuk menangani komentar di negatif di blog Anda, dan kelima-limanya pernah saya lakukan.

1. Abaikan saja
Sebenarnya ini bukanlah respon terbaik, namun ya.... ini adalah salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan: abaikan saja semua komentar negatif di blog Anda! Biarkan komentar itu tetap di tempatnya, tapi jangan memberi respon apapun terhadapnya.

Kelemahan dari cari ini mungkin dapat menyebabkan pembaca lain jadi tidak tertarik untuk berkomentar (karena Anda menganggap tidak menanggapi komentar yang masuk) dan jika Anda mendapat terlalu banyak komentar negatif (spam), itu juga membuat blog tampak 'buruk' di mata pembaca.

2. Hapus saja
Cara termudah menangani komentar negatif adalah dengan menghapusnya, meskipun mungkin cara dianggap oleh beberapa orang sebagai sensor terhadap 'kebebasan' berpendapat dari mereka yang berkomentar.

Menghapus komentar negatif adalah respon yang cukup terhadap komentar spam, terutama bagi mereka yang berkomentar dengan tujuan 'memancing' reaksi dari orang lain.

3. Hapus, lalu kirimi email penulisnya
Ini adalah opsi lain dari nomor dua di atas. Selain Anda menghapus komentar, Anda lalu mengirimkan pesan kepada pemberi komentar. Cara ini paling tepat untuk komentar yang tidak sepenuhnya spam, namun mungkin karena ada kesalahan dalam pemahaman terhadap apa yang Anda tulis, atau barangkali pemberi komentar sedang 'senewen'.

Tulislah pesan secara profesional, jelaskan secara singkat dan jelas alasan mengapa Anda harus menghapus komentarnya. Biasanya, jika kita melakukannya secara baik dan cukup sopan, mereka bisa jadi meminta maaf dan mencegah mereka berkomentar negatif lagi di blog Anda.

4. Balaslah komentarnya
Terkadang, mungkin Anda ingin membiarkan komentar negatif muncul di blog Anda, maka inilah adalah kesempatan bagus untuk meresponnya. Dan inilah opsi terbaik yang dapat Anda lakukan, baik bagi pembaca lain maupun bagi pemberi komentar itu sendiri.

Nah, jika Anda memutuskan untuk menjawab komentar negatif ini, ada 2 hal perlu diingat: pertama, tarik nafas dalam-dalam dulu (hehe....). Kedua, jangan meresponnya dengan kemarahan. Berilah jawaban yang bersahabat dan profesional. Dengan begitu, Anda akan mengesankan pembaca lain atas 'kesabaran' Anda.

Dengan cara ini pula, mungkin sekali pemberi komentar akan meminta maaf, atau meminta Anda untuk menghapus komentarnya.

5. Matikan kolom komentar
Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, bahwa beberapa blogger memilih mematikan fungsi komentar di blognya. Nah, Anda mendapatkan banyak sekali komentar negatif, maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mematikan komentar untuk sementara waktu.

Secara pribadi, saya menganggap cara ini adalah upaya terakhir, dan hanya perlu dilakukan jika upaya lainnya telah gagal. Dan jika Anda tidak mau melakukan upaya sejauh ini untuk mengatasi komentar negatif, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk, sehingga Anda bisa memutuskan komentar mana yang tampil dan mana yang tidak.

Namun, memoderasi komentar juga bukan pula cara terbaik. Ingin menggali lebih jauh tentang komentar blog? Artikel-artikel berikut mungkin dapat membantu Anda mengelola komentar dengan lebih baik:

Kesimpulan
Itu adalah blog Anda! Dan orang yang berkomentar di blog adalah tamu-tamu Anda. Anda memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan apapun terhadap komentar yang masuk, termasuk jika harus menghapusnya. Jadi, jangan ragu melakukannya.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar