Minggu, 23 Maret 2014

4 Langkah Strategi Meningkatkan Trafik Blog

10.36 Posted by Unknown No comments
Salah satu dari sekian banyak 'keluhan' yang sering saya dengar dari blogger, adalah kenyataan bahwa sekeras apapun mereka telah berusaha, mereka tidak juga mampu melampaui 100 pageview per harinya.

Memang, minggu-minggu pertama blogging adalah hari-hari terberat, karena Anda harus berkerja keras melakukan berbagai hal, termasuk mempromosikan blog agar mendapatkan trafik yang cukup.

Nah, jika Anda pun saat berada pada situasi yang sama, di bawah ini adalah strategi dan langkah yang saya yakin, Anda akan bisa mencapai 1000 pageview per hari dengan pasti. Dan tentu saja, strategi ini juga bisa diterapkan meski jika Anda telah melampaui angka tersebut.

Pastikan saja Anda melakukan keempat langkah ini, dan menghabiskan 3,5 jam per hari untuk blog Anda. Dan jika Anda memiliki waktu lebih banyak, Anda dapat menambah waktu pada masing-masing langkah secara proporsional.

Dan inilah 4 langkah strategi meningkatkan trafik blog:

1. Menulis artikel pilar (1 jam per hari)
Habiskan waktu kurang lebih 1 jam untuk melakukan brainstorming, riset, dan menulis artikel pilar blog Anda.

Ingat, target Anda adalah merilis satu artikel pilar per minggu. Jika itu terlalu berat, paling tidak setiap 15 hari sekali. Karenanya Anda menghabiskan waktu 1 jam setiap harinya adalah untuk menggarap artikel yang sama. Dengan kata lain, diharapkan artikel pilar diselesaikan dalam waktu antara 5 - 10 jam.

Bagi Anda yang belum familiar atau pun belum tahu apa yang saya maksud dengan istilah artikel pilar, ia adalah sebuah artikel yang menyuguhkan banyak informasi dan manfaat kepada pembaca. Ia adalah artikel yang menyajikan pembahasan tuntas terhadap satu topik tertentu. 

Sebagai contoh, misalnya blog Anda adalah tentang desain grafis, maka mungkin Anda bisa menulis '100 sumberdaya gratis bagi desainer profesional'

Dan inilah beberapa ide yang mungkin membantu Anda menyusun sebuah artikel pilar:
  • Membuat posting berupa daftar item dalam jumlah besar
  • Menulis tutorial lengkap dan detil mengajarkan pembaca bagaimana melakukan sesuatu
  • Menyajikan sulosi lengkap tentang permasalahan-permasalahan umum pada topik Anda
  • Menulis analisa mendalam pada satu topik, dimana orang yang membacanya tidak bisa tidak, kecuali merasa semua jawaban mereka telah terjawab
2. Menulis posting normal (1 jam per hari)
Sebuah blog tidak akan berhasil hanya dengan artikel pilar semata, namun juga butuh posting atau artikel normal secara berkala.

Posting normal, adalah posting yang secara rutin Anda posting di blog di antara artikel pilar. Sebagai contoh, Anda menyajikan artikel pilar seminggu sekali setiap hari senin, dan menulis posting normal pada selasa - jum'at.

Inilah beberapa ide yang bisa digunakan untuk menulis posting biasa di blog Anda:
  • Posting berisi link ke artikel di blog lain, disertai pendapat Anda sendiri. Bisa juga rangkuman dan link ke artikel arsip lama Anda, yang disusun secara sistematis untuk memudahkan pembaca membacanya secara runut
  • Posting berupa berita terbaru di niche blog Anda
  • Posting untuk melemparkan pertanyaan kepada pembaca tentang suatu topik, dengan tujuan memancing terjadinya diskusi
  • Posting tentang hal baru yang Anda temukan, atau pun tips dan trik yang sekirang bermanfaat untuk pembaca.
Sementara artikel pilar adalah konten utama untuk promosi blog Anda, yang mendatangkan pengunjung baru secara luas, maka posting normal adalah posting yang menciptakan keragaman konten blog Anda, dan membuat pembaca tetap betah berlama-lama.

3. Membangun jejaring (45 menit setiap hari)
Membangun jaringan dengan blogger lain adalah hal penting dalam blogging, terutama jika Anda baru saja membangun sebuah blog.

Waktu selama 45 menit setiap hari untuk tujuan ini dapat Anda manfaatkan di antaranya:
  • Berkomentar di blog lain dengan topik yang sama
  • Berinteraksi dengan blogger lain dengan topik sama melalui email, sosial media, IM dan sebagainya.
Ingat, target Anda adalah membangun sebuah hubungan yang sungguh-sungguh dan 'ikhlas', jadi jangan pernah hanya mendekati blogger lain yang Anda anggap bisa mempromosikan blog Anda sendiri.

Dekati mereka karena Anda menghargai hasil kerja mereka, dan karena Anda yakin bahwa Anda berdua bisa tumbuh bersama.

4. Mempromosikan blog (45 menit setiap hari)
Hal utama di sini adalah mempromosikan artikel pilar Anda. Setiap kali Anda merilisnya, Anda harus melakukan apapun yang dibutuhkan untuk mempromosikannya. 

Misalnya:
  • Biarkan orang-orang di jejaring Anda mengetahui tentangnya
  • Dapatkan beberapa teman yang bersedia membagikannya di situs-situs social bookmarking
  • Dapatkan beberapa teman dapat membagikannya di sosial media
  • Membuat posting tentang artikel Anda di forum / newsgroup
Jika masih ada waktu tersisa, gunakan untuk melakukan search engine optimization (seo), berpromosi di situs jejaring sosial, serta aktivitas lainnya untuk mempromosikan blog Anda secara keseluruhan.

Nah, itulah 4 strategi yang jika Anda lakukan secara konsisten, saya yakin trafik Anda akan meningkat dan mampu mencapai angka 1000 pageview per hari dengan mudah.

Apakah Anda memiliki strategi lain? Silakan berbagi melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar