Rabu, 14 Agustus 2013

Menjawab Pertanyaan Tentang Pendapatan Adsense

21.15 Posted by Unknown No comments
Setiap hari saya selalu mendapatkan pertanyaan seputar Adsense. Di antara pertanyaan-pertanyaan tersebut ada yang berhubungan dengan pendapatan (earning) Adsense.

Nah dalam tulisan saya kali ini, saya mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang khusus berkenaan dengan masalah pendapatan Adsense.

Sebelumnya, sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah 'memberi perhatian' terhadap Portal-Uang dengan mengajukan berbagai pertanyaan.

Nah, inilah beberapa hal mengenai pendapatan Adsense yang saya sajikan dalam bentuk tanya jawab untuk lebih memudahkan untuk dipahami.

1. Untuk mulai mendapatkan penghasilan, apakah ada jumlah minimal klik atau minimal tayangan iklan di blog saya?
Jawabnya adalah tidak. Tidak butuh jumlah minimum klik atau pun jumlah tayangan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Anda akan langsung mengumpulkan penghasilan dari Adsense, sejak klik pertama dan atau penayangan iklan pertama. Namun begitu, tetap Anda harus menunggu sampai $100 untuk dapat mencairkan penghasilan yang terkumpul.

2. Khusus untuk iklan BPS (bayar per seribu tayang) / CPM, apakah saya harus menunggu sampai jumlah tayang mencapai 1000 untuk mulai dapat penghasilan?
Jawabnya tetap tidak. Sama seperti poin 1 di atas, Anda langsung mendapatkan penghasilan sejak tayangan pertama iklan BPS. Tentu, karena menggunakan sistem BPS, maka penghasilan Anda akan sebesar 1/1000 dari iklan yang bersangkutan. Untuk lebih rinci mengenai perbedaan CPM dan CPC silakan baca hitungan sederhana di balik CPC dan CPM.

3. Dari laporan pendapatan di akun Adsense, saya melihat ada sebanyak 100 impresi halaman, kenapa pendapatannya nol?
Berarti iklan yang tampil di blog Anda adalah CPC, bukan BPS, dengan demikian butuh klik untuk mendapatkan penghasilan. Untuk diketahui bahwa iklan BPS adalah iklan tertarget, dimana kita bisa mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan tanpa klik, jika pengiklan menargetkan iklannya tampil di blog Anda. Insya Allah lain waktu saya menulis tentang bagaimana cara mendapatkan iklan BPS.

4. Berapa sih nilai per klik atau per tayang halaman dari iklan Adsense?
Tidak ada nilai yang pasti. Setiap unit iklan akan memberi nilai yang berbeda. Hal ini karena Adsense menetapkan nilai dengan sistem lelang dan penetapan harga cerdik. Saya sarankan Anda untuk membaca artikel saya sebelumnya: 'Mengapa nilai klik Adsense berubah-ubah?' dan 'Sekilas Mengenal Smart Pricing Adsense'.

5. Ketika pengunjung menggunakan kotak pencarian Adsense, apakah saya akan langsung mendapatkan bayaran?
Jawabnya tidak. Anda hanya akan dibayar jika ada pengunjung menggunakan kotak pencarian, kemudian melakukan klik terhadap hasil pencarian tersebut. Anda tidak akan dibayar, jika pengunjung memilih untuk tidak mengklik iklan di hasil pencarian tersebut.

Itulah beberapa pertanyaan seputar pendapatan Adsense yang coba saya jawab. Jika Anda memiliki pendapat dan pengalaman lain mengenai pendapatan Adsense, atau punya pertanyaan lainnya lagi, silakan Anda berpartisipasi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar