Sabtu, 17 Agustus 2013

Daftar Adsense Untuk Blog Melalui Youtube, Baguskah?

21.10 Posted by Unknown No comments
Ini sebenarnya bukan tips Adsense, saya cuma tergelitik dengan 'fenomena' banyaknya blogger yang mendaftar Adsense melalui Youtube, bukan dengan mengajukan blog mereka.

Memang hosted account Adsense dari Youtube bisa juga kita pasang di blogger, tapi tidak bisa di pasang di tempat lain, karena sebenarnya itu lebih ditujukan bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari Youtube dengan memonetisasi video-video Anda.

Mendaftar Adsense melalui Youtube memang mudah (dan cepat), sehingga banyak sekali orang kemudian menawarkan jasa pembuatan akun Adsense dengan harga yang "sangat murah", malah kemarin di salah satu grup facebook, ada yang menawarkan harga cuma Rp5.000 (bayar lewat pulsa lagi). Hmmm.... luar biasa murah sekali!

Ya memang itu sah-sah saja sih. Tidak dilarang. Tapi bukan di situ masalahnya. Dan bukan tujuan tulisan ini juga untuk men-judge apa yang dilakukan teman-teman. Hanya saja ada beberapa hal yang menggelitik saya, satu pertanyaan:

Kalau untuk dipasang di blog, kenapa mendaftar Adsense melalui Youtube?

Kebanyakan Anda mungkin menjawab, karena mendapatkan akun Adsense melalui Youtube itu mudah, tidak seperti dengan mengajukan lewat blog, itu sulit. Well. Itu benar. Tapi ada beberapa hal yang menurut saya tidak 'masuk akal':

Pertama
Kembali ke pertanyaan saya di atas, jika untuk dijalankan di blog, kenapa daftar lewat Youtube? Anggap saja Anda telah memiliki akun Adsense hosted hasil mendaftar dari Youtube, kemudian Anda pasang di blog Anda. Akan bertahan berapa lama? Kalau blog Anda tidak memenuhi syarat Adsense, maka segera akun Anda pasti akan dinonaktifkan! 

Anda mungkin menjawab: ya itu kan kalau tidak memenuhi syarat, kalau blognya memenuhi syarat kan tidak apa-apa! Hmm... ok. Sekarang saya balik tanya: Ya kalau blognya memenuhi syarat, kenapa tidak mendaftar lewat blog? Bukankah itu lebih baik, karena kita akan dapat akun full approve, bisa dipasang di mana saja? Kenapa harus lewat Youtube? Bukankah itu membuang usaha dan waktu percuma?.

Kedua
Jika Anda telah mendaftar lewat blog, kemudian Anda ditolak, itu artinya memang blog Anda belum memenuhi syarat Adsense. Sehingga meskipun Anda dengan mudah bisa mendapatkan akun Adsense dari Youtube lalu dipasang di blog Anda, maka itu adalah hal yang sia-sia. Kenapa? Karena setelah di-review oleh tim Adsense, akun Anda akan dinonaktifkan. Itulah sebabnya banyak sekali teman-teman yang Adsense-nya dibanned.

Dengan begitu, dilihat dari sisi manapun, tidak ada alasan membuat akun Adsense melalui Youtube, jika tujuannya memang untuk dijalankan di blog. Kecuali, jika memang Anda berniat menjalankan Adsense HANYA untuk mendapatkan uang dari Youtube dari video-video Anda di sana.

Come on! Berpikir logis dan rasional. Menjalankan Adsense melalui blog bukanlah hal yang mudah. Bukan jadi dalam semalam. Butuh konsistensi dan kerja keras membangun blog yang bagus.

Jika Anda sudah memiliki blog yang bagus dan memenuhi syarat, mendapatkan akun Adsense yang full approve adalah hal yang mudah, bukan hal yang terlalu sulit. Dan jika blog Anda ditolak Adsense, maka perbaikilah! Berusaha lebih keras untuk membangun blog yang bagus dengan segala dimensinya.


Kesimpulan
Tidak ada alasan mendapatkan akun Adsense melalui Youtube, jika tujuannya adalah untuk dijalankan di blog. Bagaimana menurut Anda? Salam sukses untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar