Kamis, 25 Juli 2013

Optimasi Unit Iklan Adsense

07.43 Posted by Unknown No comments
Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang paling digemari oleh blogger di seluruh dunia, hampir selalu Adsense menjadi pilihan utama memonetisasi blog.

Secara umum kita bisa meningkatkan pendapatan dari Adsense dengan melakukan berbagai optimasi, seperti mendapatkan iklan yang relevan, mendapatkan iklan bernilai tinggi, desain dan penempatan iklan dan tentu saja usaha meningkatkan trafik blog.

Dan kali ini saya ingin secara khusus menyoroti tentang pemilihan dan optimasi unit iklan. Pemilihan unit iklan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan Adsense secara keseluruhan.

Dan inilah beberapa hal yang bisa saya sarankan dalam optimasi unit iklan yang paling menguntungkan:
  • Tips yang selalu sarankan kepada siapapun dan mungkin telah menjadi patokan umum adalah, buatlah desain unit iklan agar menyatu dengan blog. Untuk blog dengan latar belakang cerah (tanpa border, background yang sama). Dan buatlah kontras jika latar belakang halaman berwarna gelap (dengan border, background kontras).
  • Jika menempatkan iklan dalam postingan, jangan memakai border. Jika ditempatkan di luar, boleh menggunakan border untuk memancing perhatian.
  • 3 unit iklan yang paling baik adalah ukuran 336×280 (kotak besar), 300×250 (kotak sedang) dan 160×600 (wide skyscraper). Sedapat mungkin, gunakan ketiga unit ini. Namun, mungkin saja unit-unit yang lain lebih cocok untuk situs / blog Anda. Melakukan percobaan adalah yang terbaik.
  • Untuk link yang terbaik adalah warna biru. Mungkin karena memang secara umum kebanyakan situs menggunakan warna ini untuk link. Namun, jika situs / blog Anda menggunakan warna link lain, samakan saja link iklan dengan link blog. Walaupun menurut saya, tetap warna biru adalah yang terbaik (ada yang bilang, memang manusia lebih menyukai warna biru secara psikologi, entahlah!).
  • Tes, coba, eksperimen. Terus lakukan percobaan. Amati hasilnya per 2 minggu, sampai kita menemukan yang benar-benar bekerja dan terbaik untuk blog/situs kita.
Itulah sedikit tips mengenai optimasi unit iklan. Semoga bermanfaat, dan seperti biasa saya akan senang jika Anda mau berbagi pengalaman Anda dalam optimasi unit iklan Adsense yang terbaik bagi Anda melalui kolom komentar di bawah.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar